BERSIH DESA MAGUAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR

  • Jul 13, 2022
  • MAGUAN.NGAJUM

Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. 

Bersih desa merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan secara turun temurun, khususnya di desa maguan. Ritual bersih desa ini sebagai wujud rasa syukur warga Desa Maguan atas berkat yang telah diberikan tuhan kepada masyarakat desa, baik dari segi kesehatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun yang akan datang. 

Ritual bersih desa di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, hari pelaksanaannya pun tidak dilakukan di sembarang hari, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender jawa yang biasanya disebut sebagai hari sakral untuk melaksanakan Bersih Desa. 

berikut beberapa rangkaian kegiatan tradisi Bersih Desa di Desa Maguan tahun 2022 

1. Istighosah, bertempat di balai Desa Maguan pada hari Minggu, 19 Juni 2022, pukul 19.00 WIB sampai selesai. 

2. Iring-iringan karnaval dan reog ponorogo yang bertempat di balai Desa Maguan dilaksanakan pada pukul 08:00-10:00 WIB 

3. Ziarah makam leluhur Desa Maguan, bertempat di pemakaman Eyang Djaeng Suro pada tanggal 20 Juni 2022 pada pukul 08.00-11.00 WIB 

4. Pagelaran wayang kulit yang dilaksanakan semalaman penuh dengan Dalang Ki Gondho Buono (gotho) dari Kabupaten Malang, bertempat di balai Desa Maguan, pada hari Senin Pahing, Tanggal 20 Juni 2022 pada pukul 20.00 WIB sampai selesai. 

Ritual Bersih Desa  di setiap daerah tidak selalu sama karena leluhur yang membawa tradisi tersebut berbeda di setiap daerah. Maka dari itu upacara adat yang dilaksanakan  tergantung pada leluhur siapa yang disakralkan. Hari-hari pelaksanaannya pun berbeda.

Atas Rahmat Allah swt dan dukungan dari berbagai pihak rangkaian Kegiatan Tradisi “Bersih Desa”  di Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Tahun 2022  sehingga dapat terselenggara dengan baik dalam suasana yang kondusif. (Fani Sahrunnisya & Raihan Zuhdi)