Sosialisasi KESIDES (Kelola Sistem Administrasi Desa) di Desa Maguan

  • Jul 13, 2022
  • MAGUAN.NGAJUM

Pada tanggal 4 Juli 2022 kelompok 60 KKNT Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya melaksanakan program kerja Sosialisasi Kesides (Kelola Sistem Administrasi Desa) dengan tema “Penguatan Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Desa” yang mendatangkan narasumber dari LPTP (Laboratorium Politik dan Tata Kelola Pemerintahan) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Ike Wanusmawatie, S.Sos., M.AP. beliau menyampaikan materi tentang “Penguatan Tata Kelola Administrasi Desa”. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ibu Tri Yumarni, S.IP., M.Si. beliau meyampaikan materi tentang “Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Desa”. Materi terkahir disampaikan oleh Bapak Dr. Riyadi, M.Si. beliau menyampaikan materi tentang “Digitalisasi Pemerintahan Desa”.


Sosialisasi ini menjelaskan tentang buku administrasi pemerintahan desa yang mencakup (buku administrasi umum, buku administrasi penduduk, buku administrasi keuangan dan buku administrasi pembangunan) lalu membahas tentang digitalisasi pemerintahan desa dan tugas pokok dan fungsi guna untuk meningkatan kualitas perangkat desa.


Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada perangkat Desa Maguan agar lebih baik dalam mengelola system administrasi pemerintahan desa.


Program kerja lanjutan dari sosialisasi ini adalah “Website Update” yang dimulai dari tanggal 11 Juli 2022. Program kerja ini di awali dengan mengumpulkan data-data administrasi Desa Maguan seperti data kependudukan, mata pencaharian, monografi desa, struktur perangkat desa, dan lain-lain lalu data-data tersebut diunggah ke website resmi Desa Maguan hal dilakukan agar informasi tentang Desa Maguan lebih terperinci dengan memperbaharui website Desa Maguan. (Raihan Zuhdi & Fani Sahrunnisya)